Paham Gejala Sinusitis Ringan dan Penanganannya

Termasuk gangguan di telinga, hidung dan tenggorokan (THT) yang bisa saja diderita seseorang yaitu Sinusitis. Gejala Sinusitis ringan yang kerap dialami penderita yaitu nyeri di daerah wajah, bersin, hidung tersumbat, bersin dan batuk melebihi tujuh hari. Bila tanda-tanda gejala Sinusitis ringan tadi anda alami, cepat saja berkonsultasi ke dokter agar bisa didiagnosa dengan tepat. Jika tak dihiraukan, Sinusitis bisa mengganggu pernafasan yang artinya kenyamanan Anda akan terganggu.



Pengertian Sinusitis yaitu peradangan di setidaknya satu rongga sinus disebabkan adanya ingus atau lendir. Rongga sinus sendiri terletak di sebelah kiri dan kanan hidung, belakang mata, belakang dahi sampai belakang tulang pipi. Terkerap berisi lendir yaitu rongga sinus di sebelah kanan kiri hidung. Beberapa waktu sebelum mengalami sinusitis, penderita biasanya telah menderita Rinitis lebih dulu. Fakta tersebut lantaran bagian mukosa hidung dan rongga sinus terhubung satu sama lain. Dan bila Rinitis tak teratasi dengan semestinya, umpamanya saja tak sering menghilangkan ingus, akibatnya akan jadi Sinusitis.



Gejala Sinusitis ringan seperti disebutkan sebelumnya yaitu sering bersin, hidung gatal dan berlendir serta mampet. Dan bila ingus tadi telah masuk ke rongga Sinus maka keluhan yang dialami dapat bertambah dengan sakit di daerah wajah, sakit kepala, tak dapat membau, nyeri di sekitar telinga, mulut berbau sampai menderita demam. Jika telah menjadi Sinusitis maka lendir yang dihasilkan berwarna kuning kehijauan, tak jernih lagi serta lengket. Bila berkonsultasi ke dokter maka penderita akan cepat memperoleh pengobatan yang sesuai. Bentuk pengobatan yang bisa diambil untuk mengatasi Sinusitis tergantung dari parah tidaknya gejala yang dialami.



1. Pengobatan Sinusitis ringan



Untuk Sinisutis ringan yakni mulai memperlihatkan gejala dan belum melewati dua minggu dapat diobati dengan memberikan obat cair tetes atau uap ke dalam hidung. Obat tetes untuk Sinusitis biasanya akan manjur dalam meredakan gejala Sinusitis ringan. Obat tersebut umumnya bisa dipakai hingga  lima hari mengikuti rekomendasi dokter.



2. Pengobatan Sinusitis berat



Jika penderita telah menempuh penanganan tadi namun gejala Sinusitis tak juga kunjung sembuh hingga 8 minggu maka ia mesti menempuh pengobatan yang lain. Obat dari golongan corticosteroid termasuk salah satu pilihannya. Obat tersebut umumnya diberikan melalui jarum suntik khusus untuk penderita polip hidung. Obat cair tetes ataupun obat antibiotik tetap dapat diberikan sesuai dosis yang disarankan dokter. Jika segala bentuk penanganan sudah ditempuh akan tetapi keluhan Sinusitis tak jua sembuh, itu artinya operasi adalah pilihannya. Pada operasi tersebut dokter akan meneliti bagian rongga sinus dengan teliti untuk kemudian diambil tindakan. Contohnya jika mengalami polip hidung, biasanya dokter akan mengambil jaringan polip penyebab mampet tersebut. Atau dengan memperbesar rongga Sinus sehingga jalan pernapasan menjadi lancar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel