Penyebab Buang Air Besar Berdarah Segar

Diantara gangguan dalam BAB (buang air besar) yang sering diderita sebagian orang yaitu dengan disertai keluarnya darah. Penderita hendaknya hati-hati pada gejala ini. Membiarkannya mungkin saja bisa mengakibatkan bermacam resiko untuk pencernaan. Namun kendati terkesan sebagai sesuatu yang mengerikan, BAB berdarah mulai menggejala dewasa ini. Penyebab buang air besar berdarah segar seperti kebiasaan hidup dan pola makan buruk seperti sering menyantap menu fast food atau minuman keras.
bab berdarah

Tinja disertai darah segar adalah indikasi adanya gangguan saluran pencernaan. Penyebab buang air besar berdarah segar biasanya didasarkan dari sumbernya yaitu dari saluran pencernaan atas dan dari saluran pencernaan bawah.

1. Pendarahan di saluran pencernaan atas

Kebanyakan bersumber dari tenggorokan atau lambung dimana tinja berwarna agak hitam sebab darah yang telah bercampur dengan asam lambung. Faktor yang memicu munculnya pendarahan saluran pencernaan atas diantaranya : 
menderita penyakit hati, sering mengkonsumsi obat antinyeri, jamu, minuman keras serta konsumsi obat pengencer darah.

2. Pendarahan di saluran pencernaan bawah

Biasanya berpangkal dari usus besar, usus halus maupun anus. Diindikasikan lewat tinja yang berwarna merah segar apakah itu bersama kotoran atau menetes setelah BAB. Beberapa penyebab buang air besar berdarah segar seperti : radang usus, wasir atau hemorrhoid serta perlukaan di anus.

Penderita hendaknya cepat berkonsultasi dengan dokter jika melihat darah yang keluar ketika BAB. Sehingga dapat diketahui dengan pasti penyebabnya dan diambil langkah-langkah penanganan. Langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum pergi ke dokter seperti : memperbanyak minum air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari, konsumsi menu dengan kadar serat tinggi dari jenis sayur-mayur dan buah misalnya buah pepaya, olahraga paling tidak 30 menit dalam sehari demi memastikan bahwa badan selalu sehat, jauhi konsumsi masakan pedas, jauhi konsumsi minuman keras, hindari minuman berkafein dan juga tinggalkan menu fast food.

Apabila dengan langkah-langkah tadi ternyata gejala masih ada maka setelah 3 hari bisa memeriksakan diri ke dokter. Namun tak usah menunggu hingga 3 hari jika darah BAB yang keluar cukup banyak sehingga penderita lemas. Dokter biasanya melakukan diagnosa menurut gejala yang muncul, usia penderita serta riwayat penyakit yang pernah diderita. Ada pemeriksaan colok dubur yang akan dilakukan oleh dokter dimana ia akan memasukkan jari ke anus penderita. Boleh dibilang jika colok dubur merupakan prosedur wajib saat hendak mendiagnosa penyebab buang air besar berdarah segar.

Tapi jika dengan melakukan cek sederhana tersebut tetap belum bisa ditegakkan diagnosa, untuk itu dibutuhkan cek lebih lanjut memanfaatkan peralatan kamera fiber optik lewat selang elastis yang istilah medisnya adalah endoskopi. Pemeriksaan endoskopi sendiri meliputi : Anoscopy, sigmoidoscopy serta clonoscopy. Dari situ bisa diketahui dengan jelas apa penyebab terjadinya BAB disertai darah segar yang kemudian dapat diambil bentuk penanganan yang tepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel