Penyebab Ngantuk di Pagi Hari dan Cara Mengatasinya

Ngantuk di pagi hari kecuali akan menyebabkan rencana aktifitas seharian terganggu, badan pun menjadi tak segar. Kita mesti paham apa saja yang menjadi pemicunya dengan begitu akan bisa mengatasinya dan tak menimbulkan gangguan jangka panjang. Ada beberapa pemicu rasa kantuk pada pagi hari yang mesti dijauhi. Dengan menghindari penyebabnya maka diharapkan saat memulai hari kita bisa fresh dan pekerjaan pun bisa diselesaikan tepat waktu.

Penyebab Ngantuk di Pagi Hari

Berikut penyebab ngantuk di pagi hari dan cara mengatasinya :

1. Makan pagi dengan menu kaya karbohidrat

Sarapan semestinya mengkonsumsi menu dengan kadar protein tinggi. Namun kebanyakan masyarakat di Indonesia sarapan dengan menu tinggi karbohidrat seperti nasi yang butuh waktu untuk diolah oleh metabolisme tubuh. Efeknya badan jadi tak bertenaga, lemas yang akhirnya ngantuk di pagi hari. Susu dan telur adalah dua contoh makanan yang bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan. Keduanya tak diragukan lagi memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dengan kadar karbohidrat rendah.

2. Melihat acara televisi menjelang tidur

Tinggalkan kebiasaan jelek yang akan mengakibatkan kita susah tidur saat malam hari. Contohnya saja melihat acara televisi saat hendak tidur, memutar lagu-lagu berirama menghentak, membaca buku, melihat film video, chat di jejaring sosial atau yang sejenisnya. Segala aktivitas tadi hanya akan menjadikan kita kesiangan bangkit dari tempat tidur dan akhirnya ngantuk di pagi hari.

3. Mengalami tekanan atau stres
Bagi beberapa orang, ritme pekerjaan yang tinggi bisa mengakibatkan stres pikiran. Akibatnya seluruh waktu istirahat menjadi tersita. Untuk itu agar tak stres, ketika pulang dari kantor, jangan bawa pekerjaan ke rumah. Sesampainya di rumah, segarkan badan dengan mandi dan rileks di atas pembaringan.

4. Tidur dengan posisi miring ke kanan
Menurut Feng Sui dan aturan Hindu, seseorang yang tidur dengan posisi miring ke kanan akan menyebabkan kualitas istirahat yang tak tenang. Kita akan lebih sering terjaga di malam hari dengan tiba-tiba. Akibatnya saat bangun pagi badan menjadi tak segar dan loyo.  

5. Tidur melebihi 8 jam seharinya
Semestinya kita tak tidur melebihi 8 jam dalam sehari. Kebiasaan tersebut bukannya membuat sehat namun malah akan menyebabkan badan yang terasa tak segar dan menjadi ngantuk.

Namun sebenarnya penyebab ngantuk di pagi hari tak hanya lima hal di atas. Apabila seseorang merasa sangat mengantuk di pagi hari dan disertai dengan rasa pusing maka boleh jadi ia terkena fatigue (kelelahan). Pemicu tersering kelelahan diantaranya : infeksi kronis semisal terkena AIDS, Anemia kronis, Endokrinopati termasuk DM dan hipotiroidisme, gangguan tidur tak terkecuali sleep apnea, akibat samping penggunaan obat tertentu, sakit tiroi, sakit endokrin, sakit ginjal, sakit hati, iritasi usus, dan gangguan jaringan konektif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel