Gejala Hamil 1 Minggu Setelah Berhubungan

Gejala hamil 1 minggu setelah berhubungan mungkin belum dirasakan. Bagi beberapa wanita, gejala awal kehamilan muncul dalam beberapa minggu pertama setelah pembuahan. Gejala kehamilan pun bisa bervariasi dalam intensitas, frekuensi dan durasi. Tanda dan gejala awal kehamilan berikut ini hanya sebuah pedoman. Banyak gejala awal kehamilan bisa tampak mirip dengan ketidaknyamanan saat pra menstruasi rutin.
Gejala Hamil 1 Minggu

1. Payudara bengkak

Payudara boleh jadi memberikan sinyal pertama kehamilan. Pada awal dua minggu setelah pembuahan, perubahan hormonal bisa membuat payudara Anda lembut, nyeri atau sakit. Atau bisa saja terasa lebih kencang, bengkak dan lebih berat.

2. Kelelahan

Kelelahan juga tinggi di antara gejala awal kehamilan. Selama awal kehamilan, kadar hormon progesteron melonjak. Dalam konsentrasi yang cukup tinggi, progesteron bisa membuat tertidur. Pada saat yang sama akan menurunkan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan produksi darah dapat menyedot energi selama kehamilan.

3. Sedikit pendarahan atau kram

Terkadang bercak atau pendarahan vagina juga menjadi salah satu gejala awal kehamilan. Dikenal sebagai pendarahan implantasi, hal itu terjadi ketika sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim sekitar 10 sampai 14 hari setelah pembuahan. Beberapa wanita juga mengalami kram perut pada awal kehamilan. Kram ini mirip dengan kram menstruasi.

4. Mual dengan atau tanpa muntah

Morning sickness, yang bisa menyerang kapan saja siang atau malam adalah salah satu gejala klasik kehamilan. Bagi beberapa wanita, kelainan dimulai sejak dua minggu setelah pembuahan. Mual tampaknya disebabkan oleh kenaikan kadar estrogen yang cepat, yang menyebabkan pengosongan perut berjalan lebih lambat. Wanita hamil juga memiliki indera penciuman yang tinggi, sehingga berbagai bau seperti makanan yang dimasak, parfum atau asap rokok bisa memicu mual pada awal kehamilan.


5. Selera terhadap makanan tertentu menurun


Saat hamil, wanita mungkin peka dengan bau makanan tertentu, seperti kopi atau makanan yang digoreng. Mengidam makanan juga biasa terjadi. Seperti kebanyakan gejala kehamilan lainnya, pilih-pilih makanan ini dihubungkan dengan perubahan hormon terutama pada trimester pertama saat perubahan hormonal sangat aktif.

6. Sakit kepala

Pada awal kehamilan, peningkatan sirkulasi darah akibat perubahan hormonal bisa memicu sakit kepala ringan.

7. Sembelit

Konstipasi adalah gejala awal kehamilan yang umum. Peningkatan progesteron menyebabkan makanan melintas lebih lambat melalui usus, yang bisa menyebabkan sembelit.

Produksi hormon yang berlebih pada awal kehamilan bisa membuat wanita hamil sangat emosional. Perubahan mood juga biasa terjadi, terutama pada trimester pertama.

9. Pingsan dan pusing

Seiring pembuluh darah membesar dan tekanan darah menurun, wanita hamil mungkin akan merasa pusing hingga pingsan. Pada awal kehamilan, pingsan juga bisa dipicu oleh gula darah rendah.

10. Suhu tubuh basal meningkat

Suhu tubuh basal adalah suhu oral saat pertama kali bangun di pagi hari. Suhu ini sedikit meningkat segera setelah ovulasi dan tetap pada tingkat itu sampai periode berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel