Kenali Gejala Awal HIV 3 Bulan Pertama

Relatif setiap orang boleh jadi tak sadar jika di dalam tubuhnya sudah bersarang virus HIV/AIDS. Sebab gejala awal infeksi HIV memang tak terduga. Tanda-tanda HIV orang per orang mungkin saja tak sama. Gejala awal orang yang terinfeksi HIV kebanyakan tampak di 1-3 bulan awal. Sebagai bentuk deteksi dini, berikut gejala awal HIV 3 bulan pertama yang patut diwaspadai :

hiv

1. Menderita demam

Demam memang umumnya adalah gejala HIV stadium pertama. Namun bukan itu saja sebab dibarengi pula tanda-tanda keluhan yang lain antara lain : gampang capek, pembengkakan kelenjar getah bening serta sakit tenggorokan. Di stadium ini, virus HIV akan menuju aliran darah dan mengawali tahap replikasi yang membuat jumlahnya bisa berkali-kali lipat lebih banyak. Mekanisme imunitas tubuh akan memicu reaksi inflamasi dan terjadilah demam yang terus menerus.

2. Sakit kepala dan capek

Inflamasi yang merupakan reaksi dari mekanisme kekebalan tubuh akan dikepung, yang karenanya bisa memicu keletihan dan lemas. Lelah kronis bisa dijadikan sebagai gejala awal terinfeksi HIV. Virus yang menyerang akan mengakibatkan tubuh yang tak bertenaga atau napas yang habis.

3. Pembengkakan kelenjar getah bening
Kelenjar getah bening adalah salah satu tanda melemahnya mekanisme imunitas tubuh. Kelenjar getah bening akan mudah terjadi radang saat terkena infeksi. Kelenjar getah bening yang bengkak umumnya ada di bagian pangkal paha, ketiak dan leher dengan rasa nyeri pada area tubuh tadi.

4. Terjadinya ruam kulit
Gejala awal HIV 3 bulan pertama bisa juga ditandai dengan terjadinya ruam kulit. Namun bisa juga di akhir penyerangan virus HIV. Bentuknya serupa dengan bisul yang gatal atau mirip jerawat berwarna merah muda.

5. Sering mual, muntah serta diare
Tak sedikit penderita yang bermasalah dengan sistem pencernaan mereka di stadium awal berkembangnya virus HIV di tubuh. Gejala tersebut pun dirasakan di akhir infeksi. Kecuali itu diare yang tidak sembuh-sembuh meski sudah diberikan obat-obatan umumnya sebagai tanda awal HIV ini.

6. Batuk kering dan sakit tenggorokan
Batuk kering yang diderita dapat diderita hingga hitungan bulan dan tak juga sembuh kendati obat-obatan telah diminum, diduga sebagai pertanda awal HIV. Jangan menyepelekan bila menderita batuk kering dan sakit tenggorokan yang cukup lama.

7. Berkeringat pada malam hari
Sejumlah penderita akan berkeringat pada malam hari kendati cuaca dingin. Hal itu seringnya dialami dalam periode permulaan terjadinya infeksi HIV.

Setelah mengetahui gejala gejala awal HIV 3 bulan pertama dan ternyata sesuai maka melakukan tes sangat penting guna menegakkan diagnosa yang betul. Mereka yang telah berperilaku yang meningkatkan resiko HIV misalnya seks bebas, direkomendasikan untuk menjalani tes meski gejala-gejala di atas belum nampak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel