Kenali Gejala Gejala Rematik Kaki

Kita semua tidak boleh menggampangkan jika mengalami gejala nyeri sendi. Masyarakat kebanyakan umumnya tak paham dengan gejala gangguan rematik yang ada banyak macamnya. Penyakit tersebut biasanya mengenai bagian persendian seperti di kaki dan tangan ataupun bagian tubuh yang lain. Tak gampang mengenali gejala penyakit ini sebab adakalanya mirip dengan gejala penyakit yang lain.

Gejala Gejala Rematik Kaki

Rheumatoid arthritis adalah salah satu jenis rematik yang paling umum diderita kebanyakan orang. Rematik tipe tersebut diawali dengan peradangan pada sendi-sendi utama tubuh misalnya bagian kaki. Penyebab rematik Rheumatoid arthritis yaitu sistem imunitas tubuh yang terganggu dimana malah menyerang sendi tubuh sendiri yang dinamakan dengan autoimun. Akibatnya timbul radang sendi dan pembengkakan yang menimbulkan rasa nyeri. Bagian tubuh yang sering terkena rematik ini adalah kaki. Gejala rematik kaki memiliki beberapa ciri yaitu :

1. Persendian kaku pada pagi hari

Ini merupakan gejala primer rematik termasuk Rheumatoid arthritis. Selain sendi pergelangan kaki, bagian sendi lain yang juga terkena adalah lutut, pergelangan dan jari-jari tangan serta sendi bahu. Bertambah siang biasanya kekakuan akan kian mereda.

2. Persendian bengkak

Sendi bengkak pun termasuk gejala umum dari rematik yang menyerang kaki. Rasa nyeri dan kaku akan muncul akibat pembengkakan ini.

3. Kelelahan
Tubuh menjadi cepat capek kendati cuma sedikit bergerak.

4. Demam
Meski tak selalu muncul, namun pada beberapa penderita ada yang mengalami demam meski ringan. Bila terjadi demam tinggi dimana tubuh memiliki suhu melebihi 38 derajat Celcius bisa digunakan sebagai petunjuk keberadaan penyakit lain misalnya infeksi sendi atau lainnya.

5. Mati rasa dan kesemutan
Gejala rematik kaki juga bisa ditandai saat tendon meradang dan membengkak. Akibatnya saraf di sekitar terjepit yang bisa mengakibatkan mati rasa, rasa terbakar atau kesemutan.

6. Sakit di dada
Gelagat tersebut dialami saat terjadinya serangan jantung, sebab resiko serangan jantung bertambah tinggi pada penderita rheumatoid arthritis. Rematik akan berpengaruh ke otot-otot dan pembuluh darah jantung.

7. Kaki dan tangan susah digerakkan
Meski jarang namun saat rematik berlangsung terus-menerus dan semakin parah maka akan berpengaruh juga ke saraf motorik yang menggerakan tangan dan kaki.

8. Timbul bercak merah kehitaman
Tanda rematik yang satu ini pun termasuk langka. Saat radang pembuluh darah kecil muncul, akibatnya jaringan menjadi rusak yang terlihat lewat munculnya bintik merah kehitaman pada kulit atau dekat kuku. Bila tanda tersebut terlihat maka mengindikasikan jika rematik telah memburuk.

9. Gangguan penglihatan
Rematik jenis Rheumatoid arthritis pun bisa berpengaruh ke pembuluh darah mata. Masalah tersebut muncul utamanya terhadap penderita yang sudah memasuki stadium lanjut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel