Mengetahui Gejala Fuel Pump Rusak

Pada kendaraan roda empat, guna menyalurkan bahan bakar yang tersimpan di tangki menuju mesin maka diperlukan sebuah alat yaitu pompa bahan bakar atau fuel pump. Bila peranti tersebut terganggu, otomatis suplai bahan bakar menuju mesin akan bermasalah atau malah mandek sama sekali. Alat fuel pump ini umumnya bekerja dengan power dari listrik. Alat ini dipasang langsung di atas tangki atau malah di dalam tangki bahan bakar. Bagi para pemilik kendaraan yang masih awam, bagaimana cara mengetahui gejala fuel pump rusak?


Murah atau mahal, mudah atau sulit untuk mengganti komponen ini apabila rusak sangat tergantung dari penataan mesin kendaraan itu sendiri. Apabila tempatnya sulit untuk dijangkau, sudah barang tentu waktu dan ongkos service pun lebih mahal. Harus dimengerti dulu bahwa sebelum memutuskan untuk mengganti fuel pump,  mesti dipastikan lebih dulu bahwa memang alat tersebut yang rusak dan tidak pada sambungan listrik atau selang bahan bakar.

Terus, bagaimana memastikan gejala fuel pump rusak? Gejala umum bila fuel pump bermasalah yaitu mesin kendaraan tidak dapat dinyalakan sebab bahan bakar tidak bisa mengalir ke mesin. Kendati memang tidak setiap kendaraan yang susah di-stater disebabkan oleh kerusakan fuel pump, namun dapat juga karena hal lain. Gejala fuel pump rusak yang khas yakni saat kunci kontak diputar ke posisi On maka tidak terdengar motor pompa bekerja dalam tangki bahan bakar atau di tempat fuel pump dipasang.

Gejala yang lain dari fuel pump rusak yaitu power mesin yang ngempos, utamanya ketika akselerasi atau ketika berjalan dalam kecepatan tinggi. Bila fuel pump sepertinya tidak terganggu, diduga terdapat sumbatan di saluran bahan bakar di tangki yang akibatnya bahan bakar tidak bisa terdorong keluar ke ruang bakar dengan volume mencukupi. Bila ditanyakan dalam angka waktu berapa lama para pemilik kendaraan mesti mengganti fuel pump dengan yang baru? Tak ada patokannya sebab sebetulnya alat fuel pump ini bisa tahan lama bahkan bisa seumur kendaraan.

Penggantian lazimnya diambil apabila muncul gangguan saja, atau sebagai langkah pencegahan. Alat fuel pump ini tak tercakup dalam komponen yang perlu dilakukan service berkala. Kebanyakan kendaraan saat ini sudah terpasang filter bahan bakar dimana kemungkinan juga bisa tersumbat oleh kotoran. Untuk itu sebelum berkeputusan untuk mengganti fuel pump, sebaiknya filter tersebut dicek dan dibersihkan lebih dahulu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel