Tanda-Tanda Umum Gejala Hamil 6 Minggu

Kehamilan pertama biasanya membuat sebagian wanita emosional untuk segera mengetahui kondisi janin yang dikandungnya. Di usia kehamilan 6 minggu atau satu bulan lebih seminggu (kehamilan dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir) biasanya belum menunjukkan perubahan fisik yang mencolok. Perut pun belum membesar sebagai tanda wanita hamil.


Hamil 6 Minggu


Karena masih di awal masa kehamilan, para calon ibu mungkin belum mengalami gejala-gejala. Beberapa wanita mungkin mengalami gejala hamil 6 minggu dengan rasa mual, sementara yang lainnya hampir tidak merasakan apa-apa. Secara umum gejala hamil6 minggu meliputi:

1. Kelelahan

Ibu hamil menadi sangat lelah karena tubuh belum terbiasa dengan perubahan hormon yang terjadi. Karena itu disarankan untuk istirahat yang cukup jika merasa lelah.
   

2. Mual

Terutama di pagi hari (morning sickness). Ibu hamil enam minggu dengan bayi kembar mungkin akan mengalami rasa mual yang lebih parah. Sebaiknya konsumsi makanan yang bisa membantu menenangkan perut sebab perut kosong bisa memicu mual.
   

3. Nyeri payudara

Payudara mungkin menjadi nyeri karena peningkatan aliran darah.

4. Sering buang air kecil
Jika para ibu hamil mengalami frekuensi buang air kecil lebih dari biasanya, itu karena hormon kehamilan hCG mengarahkan aliran darah ekstra ke daerah panggul. Tapi jika buang air kecil itu nyeri atau tak keluar, segera periksakan diri ke dokter sebab itu mungkin tanda-tanda ISK yang bisa berisiko tinggi.
   
5. Kembung
Hormon progesteron yang menyebabkan masalah perut tersebut. Minum banyak air dan makan makanan kaya serat untuk menghindari sembelit yang berkontribusi terjadinya kembung.
   
6. Mood berubah
Rewel dan emosional yang dialami adalah karena hormon. Kelelahan dan fluktuasi gula darah bisa mempengaruhi juga. Karena itu istirahat cukup dan teratur makan makanan sehat untuk tetap menjaga mood.
   
7. Kram dan bercak
Gejala hamil 6 minggu dan juga di awal kehamilan adalah terjadinya kram dan bercak. Mungkin para calon ibu khawatir dengan masalah kehamilan ektopik pada 6 minggu atau tanda keguguran. Itu sebenarnya normal, namun jika mengalami sakit perut parah atau perdarahan berat maka langsung saja ke dokter.

Pada usia kehamilan 6 minggu kemungkinan sama sekali tidak terlihat hamil. Di umur 6 minggu embrio masih sebesar kacang namun akan tumbuh dengan cepat. Saat usia hamil 6 minggu perkembangan bayi sudah dimulai. Sistem peredaran darah semakin canggih. Bayi bahkan mungkin menggoyang-goyangkan tangan dan kaki dayungnya. Embrio 6 minggu juga mulai tumbuh hidung, mata, telinga, dagu, dan pipi. Saat di-USG maka akan terlihat detak jantung janin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel