Gejala Hamil Muda Minggu Pertama

Gejala hamil muda minggu pertama sebenarnya belum hamil sama sekali, mengapa? Kebanyakan obstetric menghitung kehamilan mulai dari hari pertama periode terakhir menstruasi. Itu karena ovulasi dan pembuahan sangat sulit untuk dilihat, namun tanda-tanda fisik menstruasi jauh lebih mudah dikenali. Jadi saat dokter mengatakan 1 minggu hamil berarti anda masih di periode masa menstruasi dan belum hamil. Anda tidak benar-benar hamil sampai minggu kedua atau tiga, tergantung pada panjang siklus menstruasi.




Jika Anda baru saja mengetahui bahwa Anda hamil, mungkin Anda mengira itu adalah minggu pertama kehamilan. Tapi mungkin Anda hamil sekitar 4 minggu. Pada 1 minggu hamil atau pada tahap awal ini, gejala yang dialami adalah gejala khas menstruasi sebab sebenarnya anda tidak hamil. Gejala tersebut bisa berlangsung dari tiga sampai tujuh hari yang meliputi:
  • Pendarahan vagina, tubuh akan mengeluarkan sel telur dan lapisan rahim yang memegang telur yang belum dibuahi bulan lalu.
  • Nyeri punggung dan kram, untuk melepaskan lapisan tersebut, rahim harus berkontraksi, menyebabkan punggung dan perut terasa sakit.
  • Kembung, produksi hormon yang berfluktuasi dapat menyebabkan perut kembung sebelum dan selama menstruasi.
  • Mood berubah, hormon yang berfluktuasi juga bisa menyebabkan iritabilitas yang berpengaruh ke emosi.
  • Sakit kepala, banyak wanita mengeluhkan migrain yang juga berkaitan dengan hormon.

Di dalam perut saat hamil 1 minggu tubuh Anda tidak hanya melepaskan sel telur bulan lalu. Ia juga mulai membentuk lapisan rahim baru, yang akan menahan sel telur bulan selanjutnya yang bila dibuahi akan tumbuh dan berkembang menjadi janin. Sel telur pada wanita merupakan jenis sel dengan ukuran terbesar dalam tubuh. Tubuh akan melepaskan satu telur (atau dalam kasus yang jarang terjadi dua telur) di suatu tempat antara hari ke 10 dan hari ke 19 dari siklus menstruasi atau sekitar 14 hari sebelum periode berikutnya. Sel telur ini dapat dibuahi sekitar 12 sampai 24 jam setelah itu. Berhubungan seks sebelumnya juga akan sangat membantu, karena sperma bisa hidup di tubuh hingga enam hari lamanya.

Tanda dan gejala hamil muda minggu pertama tidak akan segera terjadi. Namun bisa juga terjadi di minggu-minggu pertama setelah pembuahan misalnya nyeri payudara atau nyeri ketika ditekan, mual, kelelahan, dan sering merasa ingin kencing. Anda tidak mungkin melakukan USG untuk memeriksa kehamilan ketika masih berumur 1 minggu. Namun anda bisa melakukan pemeriksaan ultrasound untuk memeriksa fibroid, untuk melihat berapa banyak folikel (yang tumbuh menjadi telur) ada di indung telur dan juga mengukur ketebalan lapisan rahim.

Hal-hal yang perlu dilakukan dalam masa kehamilan 1 Minggu ini : menghentikan kebiasaan tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, dan kafein berlebih; konsumsi vitamin prenatal dengan asam folat 400 mcg setiap hari; ketahui siklus menstruasi untuk menentukan hari-hari paling subur dimana sel telur kemungkinan besar akan dibuahi sperma saat berhubungan badan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel