Penyebab Knalpot Nembak Saat Lepas Gas dan Solusinya

Campuran udara dan bahan bakar yang tak terbakar sempurna dapat mengakibatkan knalpot nembak pada sepeda motor. Penyebab knalpot nembak saat lepas gas yaitu terjadinya pembakaran kedua dari sisa campuran bahan bakar dan udara. Banyak faktor yang membuat campuran bahan bakar dan udara tak terbakar sempurna. Salah satunya adalah masalah di bagian pemasok udara bersih ke ruang bakar seperti air srew karburator yang aus atau setting karburator yang salah.

Penyebab Knalpot Nembak

Kecuali itu, penyebab knalpot nembak saat lepas gas adalah performa busi yang sudah tak layak. Busi dengan elektroda kotor dari kerak sisa pembakaran atau basah terkena air akan mengakibatkan percikan api tak konstan, sehingga knalpot pun mengeluarkan suara letupan. Rusaknya packing knalpot atau baut pengikat yang kendor pun bertanggung-jawab dalam masalah ini. Untuk memastikan dimana penyebab knalpot nembak saat lepas gas, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :

1. Coba cek setting pilot screw atau sekrup angin angin di karburator. Gunakan pengaturan sesuai standar yakni 2,5 -3 putaran penuh. Namun bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan mesin.
   
2. Cek busi motor, jika kondisinya sudah aus di bagian elektroda, segera ganti dengan yang baru. Busi adalah suku cadang yang harus diganti setelah digunakan untuk jarak 6.000 km. Kecuali itu, coba atur kembali celah busi sebesar 0,7mm. Untuk langkah ini harus digunakan fuller gauge.
   
3. Cek filter udara sebab komponen ini bila kotor akan mengganggu sirkulasi udara ke karburator. Bila itu terjadi maka campuran udara dan bahan bakar akan kacau dimana campuran tersebut cenderung kaya atau lebih banyak bahan bakar dibanding udara. Disarankan mengganti komponen filter udara tiap telah menempuh jarak 15.000 km. Untuk motor dengan tipe fileter udara elemen basah tak dapat dibersihkan namun harus diganti dengan yang baru.
   
4. Cek selang vacum bahan bakar yang mengarah ke tangki motor. Bagian ini tak boleh bocor atau robek, bila seperti itu maka harus diganti dengan yang baru.

5. Cek AIS (air induction system) yaitu komponen dengan tugas meng-injeksi udara bersih ke lubang buang agar hasil pembakaran lebih ramah lingkungan. Seringnya membran AIS bila sudah aus akan ngaco. Sehingga salah satu jalan keluar terbaiknya yaitu menutup selang AIS yang mengarah ke lubang buang. Boleh digunakan bahan apa saja seperti plastik, tutup pentil ban dan sebagainya.
Tak tahu bagian-bagain motor yang telah dijelaskan di atas? Solusi terbaik menangani penyebab knalpot nembak saat lepas gas adalah membawanya ke bengkel motor langganan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel