Ciri Ciri IC eMMC Rusak atau Lemah

EMMC (Embedded Multi-Media Controller) adalah komponen IC (Integrated Circuit) dengan tugas untuk media penyimpanan yang sudah dilengkapi controller sehingga bisa mengatur dirinya sendiri. Lain dengan IC flash yang murni untuk sarana penyimpanan saja yang masih memerlukan IC lain dalam hal ini prosesor yang akan mengatur, menulis sekaligus mengatur data yang tersimpan di IC Flash.

EMMC tersusun dari 2 komponen yakni nand Flash IC dan Controller yang bertugas mengontrol IC nand Flash. Komponen nand Flash dan Controller dibuat menjadi satu, dengan begitu bila nand flash rusak itu artinya mesti mengganti unit EMMC. IC jenis EMMC ini dibuat guna memenuhi dunia mobile antara lain smartphone dan tablet yang kian tinggi speknya. Merek IC EMMC yang banyak dipakai antara lain Samsung, Toshiba dan Hynix. Sebagai seorang teknisi Hp, seseorang harus tahu ciri ciri IC EMMC rusak untuk kemudian dilakukan penggantian dengan unit baru. Berikut ciri ciri IC EMMC rusak atau lemah :

1.  Wipe/Factory Reset Android Gagal

Saat akan menjalankan factory reset dari recovery menu terus gagal atau berhasil namun ponsel tetap dalam kondisi belum diformat.
   
2. Gagal Flash
Ponsel selalu tak berhasil ketika dilakukan Flash

3. BROM ERROR: S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE (5069)

Ketika Flashing menggunakan SP Flashtool terutama ponsel Android ber-chipset MTK akan keluar notifikasi tadi. Pesan itu memberitahukan jika Flashing tak bisa diteruskan sebab EMMC penuh. Untuk itu coba jalankan format lebih dahulu. Caranya jalankan Flash Tool versi 5 lalu Load Scatter file, kemudian format & flashing ulang, bila masih muncul pesan tersebut maka bisa dipastikan EMMC rusak.
   
4. Upgrade tak berhasil
Proses upgrade gagal sebab memory (nand flash) tak bisa dituliskan controller.
   
5. Pemasangan aplikasi gagal
Hal ini dikarenakan EMMC error write sebab nand flash tak bisa ditulis Controller.
   
6. Kerap hang kendati memakai sistem operasi official
Ponsel sering hang meskipun terpasang OS bawaan. Mengindikasikan jika media penyimpanan OS tak berfungsi dengan semestinya atau bad block.
   
7. Keluar pesan Sayangnya Aplikasi terhenti
Hal ini umumnya diakibatkan controller EMMC rusak.

Untuk menguji IC EMMC pengguna bisa memakai aplikasi gratis yang tersedia di Playstore yaitu EMMC Brickbug Check. Namun agar bisa menjalankan aplikasi tersebut ponsel Android harus dalam kondisi Root untuk memberikan ijin akses. Caranya, unduh terlebih dulu EMMC brickbug check. Berikan grant atau ijin untuk Super user. Selanjutnya jalankan EMMC brickbug check. Ketika aplikasi terbuka maka data EMMC chip langsung muncul contohnya Type : SEM08G. Untuk memastikan status EMMC maka sentuh pada menu Check Memory. Bila hasilnya menunjukkan "Congratulations Test Passed" dan menunjukkan kapasitas memori yang dimiliki (misal : 7.3 GB) itu artinya EMMC masih bagus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel