Gejala Leukemia pada Wanita Dewasa dari yang Ringan Hingga Berat

Pastinya kita kerap mendengar istilah Leukimia melalui televisi, radio maupun membaca artikelnya di internet. Leukimia merupakan penyakit dengan serangan ke sistem kelenjar getah bening ataupun sumsum tulang belakang manusia. Leukimia kanker darah menyerang sel darah putih. Seperti diketahui sel daran putih memiliki tugas sebagai antibodi bagi tubuh dari serangan penyakit yang masuk. Untuk dipahami bersama bahwa leukimia kanker darah paling parah yaitu leukimia yang diderita wanita.


Gejala leukemia pada wanita dewasa yakni perubahan mencolok dari jumlah sel-sel darah putih. Tahap awal gejala leukemia pada wanita dewasa yakni penderita yang menderita batuk terus-menerus disertai dada yang terasa sesak. Selanjutnya rasa nyeri melebar menuju pundak dan lengan. Penderita pun menderita demam. Rasa nyeri memuncak saat sel-sel darah putih yang tak normal terdeteksi ketika dilakukan tes darah.

Kanker darah dapat menyebabkan sel-sel darah menjadi rusak dan juga mengganggu pembentukan sel-sel darah merah dalam sumsum tulang. Sehingga penderita dapat mengalami anemia atau kurang sel-sel darah merah yang menimbulkan kulit yang nampak pucat. Tangan pun akan terasa dingin terus menerus. Sejumlah penderita pun mengalami mengeluarkan keringat pada malam hari dan juga sakit di sendi-sendi tubuh. Sel-sel darah putih merupakan bagian vital dari mekanisme imunitas tubuh. Jika seorang wanita menderita leukemia yang menganggu sel-sel darah maka dengan sendirinya kekebalan tubuh juga akan menurun. Penderita akan gampang terkena infeksi dimana gejalanya antara lain demam yang berulang.

Tingkat berikutnya yaitu terbentuknya pembengkakan di simpul getah bening yang mengindikasikan kanker sudah menyebar ke sumsum tulang belakang. Penderita akan menderita memar di bagian tubuhnya namun tak merasa nyeri. Kecuali itu penderita pun menderita pendarahan di mulut dan malah pendarahan hebat saat haid. Mendadak akan keluar bintik-bintik merah di wajah, leher serta area dada yang dinamakan Petechiae. Hal yang kerap muncul yaitu penderita merasa lelah yang amat sangat kendati sudah beristirahat secara cukup. Kecuali itu penderita pun tak memiliki selera makan dan malah berat badan menyusut dengan mencolok. Bila gejala leukemia pada wanita dewasa di atas memang mulai muncul maka langkah terbaik adalah cepat memeriksakan diri ke dokter agar bisa segera diambil tindakan pencegahan sebelum parah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel