Penyebab PS3 YLOD dan Cara Menanggulanginya

Masalah yang dijumpai di perangkat PS3 (Play Station 3) ada beberapa, salah satunya yaitu YLOD (Yellow Light Of Death).  Penyebab PS3 YLOD biasanya karena terjadi panas berlebihan (overheat) di komponen processor atau Chip Grafis. Kejadian ini umum dialami perangkat PS3 baik tipe slim maupun fat. Ada tanda khusus jika PS3 mengalami YLOD dimana untuk PS3 fat yaitu lampu kuning yang berkedap-kedip, sedangkan PS3 slim kedap-kedip lampu warna merah.
Penyebab PS3 YLOD


Penyebab PS3 YLOD seperti disebutkan sebelumnya karena overheat. Overheat ini sendiri bisa dikarenakan beberapa kesalahan yang dilakukan pengguna ataupun karena beberapa sebab lain. Misalnya : perangkat PS3 yang umur pakainya memang sudah lama hingga bertahun-tahun,  tumpukan debu di bagian dalam PS3 terutama kipas pendingin yang menghambat putarannya, pasta pendingin processor dan processor grafis kering, sirkulasi udara tak begitu bagus misalnya  PS3 yang ditempatkan di atas kain atau papan.

Keadaan komponen PS3 kemungkinan akan berkurang performanya bila sudah mengalami YLOD. Karena itu sebelum terkena YLOD, beberapa langkah pencegahan harus dilakukan sehingga panas berlebih tak terjadi. Berikut beberapa tips yang bisa diambil :

  • Pakai perangkat PS3 secara wajar saja. Maksimal penggunaan selama 3 jam dan setelah itu dimatikan untuk proses pendinginan. Jangan memakai PS3 secara nonstop yang akan mempercepat umur pakainya.
  • Tempatkan perangkat PS3 secara betul. Jangan menempatkan PS3 di atas kasur, karpet, kain atau apa saja yang akan mengakibatkan peredaran udara terhambat yang akan mempercepat timbulnya overheat saat dinyalakan.
  • Untuk thermal paste dipastikan untuk diganti tiap 6 bulan baik untuk Prosesor ataupun Chip Grafis. Gunakan thermal paste yang berkualitas dan tak asal beli.
  • Gunakan kipas laptop saat PS3 berjalan atau sebaiknya lagi bila bermain dalam ruangan dengan AC.
Apabila ternyata perangkat PS3 telah terlanjur terkena YLOD beberapa trik berikut ini bisa digunakan :
  • Silahkan membuka penutup PS3 menggunakan obeng lalu gunakan kertas tisu untuk membersihkan thermal paste lama yang melekat di processor, processor grafis, Mainboard sekaligus juga di bagian heatsink.
  • Gunakan kuas untuk membersihkan heatsink dan kipas dari debu atau kotoran yang menempel.
  • Pakai blower guna memanaskan processor dan Chip Grafis dengan jarak sekitar 1 cm. Namun jangan terlalu lama, usahakan tak melebihi 3 menit agar PCB dan mainboard tak mengalami kerusakan.
  • Oleskan thermal paste baru ke prosesor, processor grafis serta heatsink lalu tutup kembali seluruh komponen dan casingnya.   
Setelah beberapa langkah di atas dilakukan, coba nyalakan PS3. Apabila tak ingin mengutak-atik PS3 sendiri, pilihan paling tepat adalah membawanya ke tukang service elektronik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel