Sebelum Terlambat, Kenali Gejala Sakit Ginjal Kanan

Ginjal merupakan bagian vital dari organ tubuh dengan fungsi utama mengeluarkan berbagai sampah sisa metabolisme, kelebihan cairan tubuh serta aneka zat yang tak digunakan lagi oleh tubuh. Apabila organ ginjal tak bekerja dengan baik misalnya mengalami gagal ginjal maka metabolisme tubuh pun akan menderita gangguan serius. Ginjal merupakan sepasang organ kanan dan kiri yang terletak di belakang atas persisnya di bawah tulang rusuk.

Gejala Sakit Ginjal Kanan

Kesehatan ginjal tak sering diperhatikan banyak orang, malah mereka yang terkena sakit ginjal umumnya baru diketahui saat masuk ke stadium parah. Gejala sakit ginjal bila masih berada di stadium awal umumnya tak begitu kelihatan. Karena itu yang mengakibatkan seseorang acapkali baru mengetahui saat sudah memburuk. Apabila baru terdeteksi saat stadium 4 atau 5 maka pengobatan yang harus dilakukan membutuhkan biaya yang sangat mahal. Kesehatan ginjal tidak bisa dianggap sepele sebab perannya yang benar-benar vital. Ginjal yang bermasalah bisa menimbulkan beberapa komplikasi seperti kencing manis, jantung sampai osteoporosis.

Organ ginjal adalah penyaring bagi tubuh untuk menyaring racun kemudian membersihkan limbah yang ada di darah. Sakit ginjal yang bisa diobati contohnya batu ginjal apabila faktor pemicunya telah disingkirkan dengan sendirinya kerja ginjal bisa normal lagi. Sementara sakit ginjal yang tak bisa diobati diantaranya gangguan ginjal kronis dimana kerja ginjal sudah tak bisa dinormalkan lagi. Meskipun tak bisa disembuhkan akan tetapi gangguan ginjal kronik bisa dihambat keparahannya bila penderita mau mengikuti beberapa jenis pengobatan sekaligus menjalankan gaya hidup sehat.

Berikut beberapa gejala sakit ginjal kanan yang patut diwaspadai oleh penderita :

- Kencing tersumbat

Batu ginjal merupakan pencetus kebanyakan dari gangguan ginjal. Saat batu menyumbat ureter itu artinya akan mengganggu aliran kencing yang akhirnya akan terkumpul dalam ginjal. Ginjal yang membengkak akan memicu rasa nyeri di bagian kanan.

- Infeksi ginjal

Disebut juga dengan pielonefritis dan bisa dialami oleh segala kelompok usia. Infeksi ginjal kanan bisa mengakibatkan radang ginjal.

- Perdarahan
Cidera parah pun bisa memicu perdarahan ginjal kanan sehingga timbul rasa nyeri parah.

- Infark
Terhambatnya pasokan darah ke ginjal kanan dikarenakan pembuluh arteri mampet bisa memicu kematian sel sehingga mengakibatkan nyeri di ginjal.

- Kanker ginjal
Tumor yang berkembang pada ginjal kanan bisa meregangkan kapsul ginjal yaitu lapisan tipis di sekeliling ginjal secara perlahan-lahan. Tumor bisa menyumbat syaraf pada ginjal yang memicu rasa nyeri.

- Penyakit ginjal polikistik
Merupakan penyakit keturunan yang juga bisa memicu ginjal yang membengkak yang akan menimbulkan rasa sakit.

- Kejang kandung kemih
Kandung kemih yang penuh bisa mengakibatkan kontraksi otot secara tidak sadar sehingga menimbulkan nyeri di perut bawah atau panggul.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel