Apa Penyebab Telapak Kaki Sakit Seperti Tertusuk

Tiap daerah di tubuh mempunyai tingkat kepekaan berbeda-beda terhadap rangsangan dari luar, salah satunya munculnya nyeri. Setidaknya 5 bagian tubuh sensitif terhadap rasa nyeri yang termasuk diantaranya telapak kaki. Adakalanya seseorang secara tiba-tiba menderita sakit seakan tertusuk jarum di area telapak kaki, utamanya lagi di daerah tumit saat menapakkan kaki ke lantai. Nyeri di telapak kaki merupakan salah satu keluhan yang cukup mengganggu kenyamanan orang yang mengalaminya.

telapak kaki sakit

Ini terjadi persis pas bangun tidur atau duduk terlalu lama. Memang penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk yang sering dikira banyak orang adalah asam urat yaitu saat ujung-ujung kristal kapur yang runcing menusuk saraf sendir. Namun tak hanya karena asam urat sebab bisa juga sebagai indikasi menderita plantar fasciitis. Plantar fasciitis atau masalah yang menimpa jaringan tebal penghubung tumit dengan jari-jari kaki. Begitu mengalami radang atau bengkak maka ketika menapak langsung terasa begitu nyeri. Seseorang yang kerap menderita masalah plantar fascitis diantaranya mereka dengan aktivitas intens menggunakan kaki contohnya atlit lari, sering berjalan atau berdiri, mereka dengan kegemukan, berumur 40 - 60 tahun, mengenakan sepatu secara keliru. Gejala telapak kaki sakit seperti tertusuk ini utamanya melanda orang-orang dengan telapak kaki datar (flat foot).

Saat kondisi normal, plantar fasia berperan layaknya peredam kejut yang akan menyerap sekaligus menahan goncangan dan juga memudahkan pergerakan melengkung dari telapak kaki. Bila mengalami stres akibat tekanan atau beban besar, akibatnya fasia mengalami iritasi atau radang dan rasa nyeri pun muncul. Kecuali rasa sakit pada tumit, keluhan lainnya dari plantar fascitis yaitu nyeri pada ujung jari kaki atau malah sekujur telapak kaki ketika menginjakkan kaki di lantai setelah bangun tidur atau terlalu lama duduk. Rasa sakit akan meningkat dengan berangsur-angsur, bisa lenyap akan tetapi kerap muncul kembali jika menggunakannya untuk berjalan atau berdiri. Saat masalah tersebut dialami maka penderita harus berkonsultasi dengan dokter agar bisa diberikan terapi yang sesuai, diantaranya pemakaian alas kaki yang sesuai. Sandal atau sepatu yang sesuai dengan bentuk kaki akan meredakan rasa nyeri yang dialami.

Penanganan dari penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk bisa dilakukan di rumah dan juga di rumah sakit. Untuk perawatan sendiri di rumah antara lain : menggunakan kompres es di telapak kaki yang nyeri antara 15 - 20 menit, mengurangi kegiatan fisik atau olahraga, pakai bantalan saat mengenakan sepatu, pakai alas kaki lembut. Latihan peregangan pun bisa meringankan rasa nyeri yang terjadi dan juga meminum obat antiradang diantaranya jenis ibuprofen atau naproxen. Sementara untuk perawatan medis yang bisa dilakukan biasanya menggunakan injeksi steroid, fisioterapi, terapi gelombang kejut atau pembedahan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel