Contoh Gejala Sosial dalam Masyarakat dan Dampaknya

Gejala sosial merupakan masalah yang berpengaruh dan dipengaruhi perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Gejala sosial bisa pula didefinisikan dengan istilah fenomena sosial. Fenomena sosial bermula dari munculnya perubahan sosial. Gejala sosial di Negara kita makin hari makin kompleks.  Kian besar jumlah penduduk maka kian bertambah pula masalah sosial yang terjadi. Contoh gejala sosial dalam masyarakat seperti kemiskinan,kriminalitas, kenakalan remaja dan sebagainya.

Gejala Sosial

Berikut beberapa contoh gejala sosial dalam masyarakat dan penanganan yang bisa dilakukan :

1. Kemiskinan

Adalah kondisi yang mana terjadi ketaksanggupan untuk memenuhi kebutuhan kehidupan keseharian terutama kebutuhan primer yaitu pangan, pakaian, rumah, kesehatan dan pendidikan. Kemiskinan merupakan sebuah masalah global yang pangkalnya adalah tak adanya pekerjaan serta pendidikan yang rendah. Kemiskinan muncul tak cuma di wilayah pinggiran namun juga wilayah perkotaan. Kemiskinan seringnya bisa memberikan dampak ikutan berupa tingkat kejahatan yang meningkat.

2. Kriminalitas

Kriminalitas adalah perbuatan yang tak sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia. Kejahatan akan merugikan masyarakat dalam hal ini korbannya. Negara kita adalah salah satu negara dengan tingkat kejahatan tinggi. Macam kriminalitas yang terjadi pun beragam dalam hal motif dan caranya. Kriminalitas kerap terjadi karena masalah ekonomi. Fenomena tadi muncul tak cuma dilakukan kalangan berpendidikan rendah namun juga mereka yang mengenyam pendidikan tinggi. Contohnya : perampokan, pencurian, korupsi dan semacamnya.

3. Pendidikan

Negara kita adalah salah satu negara dengan taraf pendidikan yang rendah di dunia. Tidak sedikit anak-anak yang tak bersekolah sebab harus membantu orangtua mencari nafkah. Kondisi ekonomi dan kondisi pendidikan orang tua yang membuat banyak anak putus sekolah. Pemerintah sudah banyak melakukan upaya untuk menekan persentase anak tak sekolah dengan meluncurkan program pendidikan gratis dan juga beasiswa bagi murid tak mampu.

4. Pengangguran

Pengangguran adalah kondisi serius yang dialami Indonesia. Dengan jumlah penduduk yang kian meningkat, akan tetapi tak diimbangi tersedianya pekerjaan. Masalah tersebut mengakibatkan timbulnya pengangguran.

5. Pencemaran air

Adalah salah satu masalah lingkungan hidup yang kini makin menjadi-jadi. Perilaku membuang sampah dan limbah pabrik ke sungai menjadi penyebab utama timbulnya pencemaran air. Tidak cuma di sungai perilaku masyarakat tersebut juga meluas ke danau dan laut. Pencemaran air sendiri dihadapi oleh berbagai negara di seluruh dunia. Pencemaran air akan mengakibatkan beberapa masalah seperti kematian organisme di situ, dan menjadi sumber berbagai penyakit, diantaranya diare, penyakit kulit, kanker dan masih banyak lagi. Membuang sampah ke sungai pun menjadi biang aliran air tersumbat yang akan mengakibatkan banjir, sumber air bersih berkurang, longsor, erosi, ekosistem rusak dan tata ruang yang terlihat kumuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel