Penyebab IC Power Laptop Rusak

Diantara komponen perangkat keras vital di laptop yaitu IC power. Tak ada laptop yang tak terpasang IC power di dalamnya. Umumnya masalah pada laptop disebabkan oleh rusaknya IC Power ini. Secara umum laptop memakai  komponen IC Power tipe FET (field-effect transistor).  Tipe dan model mungkin berbeda akan tetapi ciri fisik dan cara keranya sama. Sehingga cara mengecek bila terjadi masalah pun kurang lebih sama.


IC Power tipe Mosfet memiliki tiga komponen utama yakni Input, Output, serta Trigger. Umumnya komponen IC power punya 8 kaki (namun ada pula yang cuma memiliki tiga kaki) yang dikelompokkan dalam tiga bagian. Untuk 4 kaki di-jumper sebagai output lalu 3 kaki di-jumper sebagai input lalu satu kaki tersisa adalah bagian trigger atau pemicu.

Dilihat secara umum cara kerja IC Power laptop yaitu laksana sakelar ON dan OFF. Kemudian yang memberikan perintah ON dan OFF yaitu kaki trigger. Sehingga saat bagian penyulut memperoleh sumber tegangan otomatis IC akan berfungsi sebagaimana sakelar yang ON. Lalu saat tegangan di kaki penyulut tak ada otomatis IC sebagaimana sakelar OFF. Namun untuk beberapa tipe IC tertentu cara kerjanya malah sebaliknya. Kegunaan IC power yang terpasang di mainboard laptop yaitu bertindak sebagai switch atau sakelar. Akan tetapi IC Power ini pun dapat dimanfaatkan untuk pemutus arus di system protection. Contohnya di system protection short circuit, fungsi IC Power ini akan memutus arus di rangkaian yang korsleting, dengan begitu tak akan merusak komponen lain di mainboard.

Tanda bahwa IC Power yang masih baik yaitu ketika dicek dengan multiteste,  jarum tak menunjukkan angka 0 ohm. Bila kabel multitester dibalik maka nilai ohm tak sama. Seperti dioda pada umumnya yang mana bila dicek memakai multitester hasilnya jarum cuma bergerak di satu arah. Kemudian ketika probe dibalik hasilnya jarum tak bergerak. Bila bergerak mengindikasikan jika dioda ini rusak. IC Power juga begitu sebab terpasang dioda di dalamnya yang menyatu dengan modul-modul lain.

Beberapa hal menjadi penyebab IC Power laptop rusak yaitu :

1. Tegangan yang diterima IC terlampau kecil atau sebaliknya kelewat besar yang artinya tegangan tak stabil.

2. IC kelewat panas yang mungkin saja kipas pendingin terhambat putarannya atau thernal paste yang kering sehingga tak bisa berfungsi mendinginkan. Imbasnya adalah panas berlebihan atau overheat yang akan merusak komponen di mainboard.

3, disebabkan terdapat komponen dalam rangkaian yang korslet, mulur atau rusak yang akan berimbas ke IC.

4. Tumpukan debu tebal yang menghalangi atau membuat korslet juga bisa mengakibatkan IC rusak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel