Gejala Alam di Negara Tetangga Beserta Gambarnya

Beberapa negara tetangga kita seperti Malayasia, Singapura, Pilipina, Thailand dan Myanmar sama seperti Indonesia kerap mengalami gejala alam berupa bencana alam. Bencana Alam di Asia Tenggara itu misalnya  angin topan, gempa bumi, banjir, tsunami, kemarau panjang dan sebagainya. Berikut adalah beberapa gejala alam di negara tetangga beserta gambarnya :




1.  Badai Vietnam 2006

Ada ratusan korban jiwa saat terjadi badai tropis di Vietnam tahun 2006 silam. Chancu, Lekima, Toraji dan Pabuk merupakan beberapa nama badai tropis yang kerap menerjang kawasan utara Vietnam. Di bulan Oktober 2007 otoritas di sana mengungsikan sekitar 500 ribu penduduknya dari daerah pantai. Langkah tersebut diambil untuk mengantisipasi dampak dari badai lekima yang akan melanda. Bencana banjir dan badai setidaknya membuat 86 korban jiwa di Vietnam di tahun 2007 sementara di tahun sebelumnya ada 600 orang tewas karena bencana alam tersebut.

2. Gempa dan Tsunami Aceh 2004

Gelombang Tsunami pernah melanda Negara kita persisnya di wilayah Aceh. Inilah salah satu bencana alam terbesar di dunia selama rentang periode 40 tahun terakhir. Menurut PBB ada 229.826 korban Gempa Tsunami yang hilang ditambah 186.983 korban tewas. Tsunami ini berkekuatan 9.3 Skala Richter yang m menghancur-luluhkan Aceh dan sekitarnya. Kecuali itu wilayah Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, SriLanka dan juga Pantai Timur Afrika pun terdampak. Empat negara yaitu Indonesia, Sri Lanka, India, dan Thailand adalah negara yang mengalami korban jiwa yang cukup banyak.  Area yang ter parah dari Gempa Tsunami yaitu kota Meulaboh serta Banda Aceh. Nyaris separuhbangunan di kedua daerah itu rata dengan tanah tersapu banjir air laut.

3. Topan Koppu Filipina 2015

Topan koppu menyapu wilayah Philipina Oktober 2015 lalu. Badai koppu ini mengakibatkan 45 jiwa melayang dengan 60 ribu penduduk mesti mengungsi sebab tempat tinggal mereka lantak ataupun tergenang air banjir.

4. Kekeringan Indonesia 2015

Di medio 2015 lalu Negara kita mengalami bencana kekeringan yang cukup parah. Ini adalah dampak dari fenomena alam el-nino sehingga hujan tidak kunjung juga turun. Tidak sedikit wilayah di tanah air yang menderita kekeringan disertai langkanya air bersih. Fenomena ini pun memengaruhi hasil panen serta menurunnya tingkat kesehatan masyarakat. Kekeringan ini semakin parah sebab perilaku masyarakat yang tak peduli dengan sumber mata air yang berada di dekatnya berupa hutan-hutan.

5. Kebakaran hutan Indonesia 2015

Kebakaran hutan di tahun 2015 terjadi di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Karena kekeringan panjang yang melanda serta ulah beberapa orang tak bertanggung-jawab mengakibatkan hutan-hutan terbakar. Dampak ikutannya adalah asap yang mengganggu kesehatan penduduk bahkan hingga ke negara Malaysia dan Singapura.  Kejadian ini sebetulnya dapat ditangkal seandainya masyarakat mau lebih peduli dengan lingkungan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel