Gejala Kampas Kopling Mobil Matic Habis
Jumat, 24 Januari 2020
Berbagai tipe mobil yang ada di pasaran sekarang ini diproduksi dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Contohnya saja mobil untuk fitur transmisi dikenal manual dan otomatis atau matic yang keduanya memiliki nilai plusnya masing-masing. Mobil bertransmisi manual sedikit repot sebab pengemudi tiap saat harus memainkan kopling, tuas gigi dan gas dan tuas gigi secara baik. Saat jalan padat dengan stop and go mengakibatkan pengemudi lebih gampang capek. Lebih-lebih bila rute yang dilewati berkontur naik-turun tentu makin menguras tenaga. Namun mobil jenis ini terkenal handal, responsif dengan tenaga lebih besar bila dibanding mobil matic.
Tipe kedua adalah mobil bertransmisi matic. Tipe transmisi matic tak hanya tren di kendaraan roda dua namun tahun-tahun terakhir ini pun mobil matic banyak dicari konsumen. Hal ini terkait dengan kenyamanan yang diberikan oleh mobil matic saat mengemudikan di jalan macet atau rute perbukitan.
Akan tetapi kenyamanan sistem transmisi otomatis tersebut diikuti pula dengan komponen kampas kopling yang lekas aus sebagai ciri khas transmisi jenis ini. Para pemilik tentunya harus mengetahui dengan baik gejala kampas kopling mobil matic habis sehingga bisa segera diganti agar tak merembet mengganggu komponen lain.
Kebanyakan pemilik mobil cuma mementingkan service mesin dan eksterior saja. Jarang yang mengecek kondisi transmisi mobil. Kendati transmisi adalah komponen penting agar kendaraan bisa melaju dengan lancar di jalanan. Terlebih untuk transmisi matic yang bekerja mengandalkan komponen elektronik di dalamnya. Gejala kampas kopling mobil matic habis biasanya diawali dengan rasa menyentak ketika gigi dimasukkan. Gejala lain yaitu mobil yang bergetar tak seperti biasanya. Lapisan luar kompas kopling yang tak rata yang saling bergesekan akan menyebabkan kampas terkikis. Akibatnya ketika dibawa jalan, mobil akan menghasilkan getaran yang keras.
Baca Juga :
Adanya masalah pada sistem transmisi pun harus diperhatikan oleh para pemilik. Misalnya gigi mundur susah difungsikan kemungkinan disebabkan ada gangguan dalam komponen mekanis transmisi otomatis. Boleh jadi disebabkan kerusakan tuas gigi mundur. Gejala lain seperti tuas gigi yang susah atau tak bisa dipindah. Keadaan tersebut dapat muncul bila switch transmisi otomatis mulai terganggu. Umumnya kerusakan tersebut timbul ketika driver baru akan menjalankan kendaraan dan baru sadar bilamana susah dipindah. Tuas gigi tersangkut dan tak bisa digeser dari Parking. Gangguan di tuas transmisi tak cuma masalah tuas yang tak bisa digeser. Gangguan lain mungkin terjadi misalnya tuas yang dapat dipindah akan tetapi gigi transmisi tak mau berpindah. Penyakit tersebut umumnya disebabkan kabel gearbox mengelupas ataupun terputus.